Chip GPU Nvidia Fermi Terbaru Miliki 512 Core

Chip GPU (Graphics Processing Unit) Nvidia generasi baru telah hadir dengan nama Fermi. Teknologi GPU terbaru dari Nvidia ini akan digunakan untuk supercomputer baru dari Oak Ridge National Laboratory. Chip Fermi ini mengintegrasikan 3 miliar transistor, atau sekitar 3 kali jumlah transisteor lebih banyak ketimbang chip grafis Nvidia paling powerful sekalipun. Di masa mendatang, chip Fermi ini akan digunakan untuk product Nvidia GeForce di PC.

Sementara untuk supercomputer Oak Ridge National Laboratory tersebut akan digunakan untuk meneliti perubahan iklim dan energy dan memiliki 10 kali energy yang powerful daripada supercomputer tercepat sekarang ini. Arsitektur supercomputer tersebut akan menggunakan GPU (Graphics Processing Unit) dari Nvidia dan CPU (Central Processing Unit) dari Intel dan AMD.

Chip Nvidia Fermi terbaru ini memiliki 2 kali core lebih banyak daripada GPU Nvidia high-end, dari 240 core menjadi 512 core. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Nvidia, Jen-Hsun Huang. “Dengan bantuan teknologi chip Nvidia, Oak Ridge berniat untuk membuat platform computing dengan performance petaflop atau ribuan triliun menjadi satu juta triliun kalkulasi per detik.” tambahnya.

Oak Ridge juga akan membuat Hybrid Multicore Consortium yang berfokus pada berbagai tipe arsitentur processor yang berbeda. Tujuannya untuk bekerja sama dengan developer guna menjalankan aplikasi di dalam supercomputer dengan support GPU dan CPU.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: