6 Kisah Pembuka Dragon Age: Origins

Jakarta – Game RPG Dragon Age: Origins menyimpan kisah yang memikat dan bercabang sesuai pilihan pemainnya. Sejak awal game pun pemain sudah dihadapi pada enam pilihan kisah pembuka.

Keenam kisah itu akan disesuaikan dengan latar belakang tokoh yang dimainkan. Ras tokoh yang bisa dimainkan dalam Dragon Age: Origins adalah Human (manusia), Elf (peri) dan Dwarf (kurcaci). Sedangkan jenis ‘pekerjaan’ alias kelas yang bisa dipilih adalah Warrior, Rogue dan Mage. Dari enam kisah yang berbeda itu bisa ditarik beberapa benang merah:

  • Pertama, setiap tokoh akan melakukan suatu tindakan yang membuktikan bahwa ia layak menjadi seorang Grey Warden (Pembuktian).
  • Kedua, dalam setiap kisah akan hadir Grey Warden senior bernama Duncan sebagai orang yang bisa merekrut tokoh utama menjadi Frey Warden (Duncan).
  • Ketiga, setiap tokoh pasti akan memiliki paling tidak seorang rekan yang membantu dalam kisah pembuka itu (Rekan).

Apa saja enam kisah pembuka tersebut? Berikut adalah hasil icip-icip yang dilakukan detikINET terhadap masing-masing kelas yang ada:

Human Noble

Manusia, baik Warrior atau Rogue, hanya memiliki satu pilihan latar belakang yaitu Human Noble alias bangsawan. Dalam kisah ini, pemain akan ditempatkan sebagai putra bangsawan Highever, dengan nama keluarga Cousland. Kisah diawali dengan rencana keberangkatan ayah dan kakak laki-laki tokoh utama ke medan perang untuk melawan Darkspawn dan menghentikan Blight.

Sang tokoh, yang dikendalikan pemain, pada awalnya akan diminta untuk mengisi kekosongan dan mengawasi Highever selama ayah dan kakaknya pergi berperang. Namun, malam hari buta, kastil mereka diserang oleh pasukan dari teman ayahnya, Howe, yang rupanya berambisi menjadi penguasa.

  • Pembuktian: Sang tokoh akan bertarung menghadapi pasukan yang menyerbu kastil. Ia akan tampak sebagai seorang pemberani dengan kemampuan tempur yang bisa diandalkan.
  • Duncan: Sang Grey Warden menjadi tamu di kastil itu, namun diam-diam sebenarnya Duncan sudah memilih sang tokoh untuk diajak sebagai Grey Warden.
  • Rekan: Teyrna Eleanor Cousland, Ibu dari tokoh utama yang memiliki kemampuan tempur cukup dahsyat; seekor anjing Mabari yang akan dibawa ikut bertualang; dan Ser Gilmore, ksatria Highever yang sempat dicalonkan menjadi Grey Warden.

City Elf

Kisah sang peri dimulai dari Alienage di Denerim, sebuah wilayah kumuh tempat tinggal para Elf. Tidak seperti kisah Lord of The Rings, para elf di Dragon Age: Origins menempati posisi tidak terhormat di masyarakat sebagai kaum terbuang yang bekerja menjadi buruh atau pesuruh.

Jika memilih latar ini, tokoh yang dikendalikan pemain akan mendapati dirinya pada hari pernikahan dengan calon pengantin hasil perjodohan. Namun kemudian upacara pernikahan itu akan diganggu oleh manusia yang menculik para wanita.

Nah, jika pada pilihan kisah lainnya perbedaan gender memiliki pengaruh yang relatif kecil dalam kisah City Elf pilihan gender akan cukup signifikan. Jika menggunakan laki-laki, sang tokoh akan diminta untuk menerobos masuk kastil dan membebaskan sandera –termasuk istrinya. Jika memilih wanita, sang tokoh akan ikut dibekap dan membebaskan diri dari dalam kastil dengan konsekuensi suaminya akan meninggal di tangan para penjaga.

  • Pembuktian: Kemampuan tempur sang tokoh dalam melawan para penjaga dan juga membuktikan rasa keadilan sang tokoh melawan kesewenang-wenangan para manusia terhadap Elf.
  • Duncan: Setelah membebaskan para sandera, Duncan akan melindungi tokoh yang dikendalikan pemain dari hukuman. Konsekuensinya sang tokoh harus menjadi Grey Warden.
  • Rekan: Soris, sepupu sang tokoh yang juga dinikahkan pada hari yang sama. Soris akan ikut membantu dalam upaya melawan kaum bangsawan yang menculik para wanita.

Dalish Elf

Dalam kisah ini, kelompok peri yang jadi fokus cerita adalah kelompok yang mengasingkan diri dari kota-kota manusia dan membuat komunitas nomaden di hutan-hutan. Pada awal kisah peri tokoh utama akan berhadapan dengan sekelompok manusia yang mengaku menemukan ‘hal aneh’ di sebuah gua.

Penyelidikan pada gua itu akan membawa para peri ke sebuah cermin ajaib. Cermin yang pada masa lalu digunakan untuk berkomunikasi oleh kekuatan jahat itu mengandung kutukan yang mematikan.

  • Pembuktian: Anehnya dalam kisah ini, pembuktian sang tokoh tidak terlalu heroik. Setelah ia terkena kutukan cermin, satu-satunya cara untuk menyembuhkannya adalah dengan mengikuti upacara menjadi Grey Warden. Maka demikianlah sang tokoh bagaikan terpaksa menjadi Grey Warden.
  • Duncan: Sang Grey Warden hadir sebagai seseorang yang tahu cara menyembuhkan kutukan di tubuh sang tokoh. Duncan juga ikut membunuh banyak Darkspawn di dalam gua.
  • Rekan: Tamlen, teman tokoh utama yang juga seorang pemburu. Pada kisah awal ini Tamlen akan terkena kutukan dari cermin dan diyakini telah mati (atau sama saja dengan mati) karena kutukan itu.

Dwarf Commoner

Dwarf di Ferelden, negeri latar terjadinya kisah Dragon Age: Origins, adalah mahluk yang cukup dihormati. Mereka tinggal di bawah tanah dan menguasai mineral-mineral pertambangan serta kemampuan membuat senjata. Meski demikian, tokoh yang dimainkan dalam pilihan kisah ini adalah seorang dwarf yang tidak mempunyai kasta.

Casteless alias nirkasta membuat Dwarf ini tak bisa melakukan pekerjaan yang layak sehingga terpaksa menjadi peminta-minta atau penjahat. Pemain akan mengendalikan seorang penjahat anak buah raja penjahat bernama Berath dengan tugas-tugas ‘umum’ seperti menagih hutang.

  • Pembuktian: Karena satu dan lain hal sang tokoh akan membuktikan kemampuannya dengan mengalahkan para satria dan juga, pada akhirnya, membunuh Berath.
  • Duncan: Di kisah ini Duncan akan hadir sebagai tamu kehormatan Proving. Di akhir kisah Duncan juga akan mengajak sang tokoh menjadi Grey Warden untuk menghindari hukuman.
  • Rekan: Leske, seorang Dwarf penjahat karbitan yang juga anak buah Berath.

Dwarf Noble

Nah, berbeda dengan Dwarf Commoner dalam kisah Dwarf Noble pemain akan mengendalikan seorang kurcaci bangsawan. Sang tokoh adalah anak kedua dari raja Dwarf yang baru saja diangkat menjadi komandan pasukan dalam menghadapi kekuatan jahat Darkspawn yang berada di Deep Roads (jalur bawah tanah).

Kehidupan bangsawan Dwarf lebih kental dengan pengkhianatan dan telikung-menelikung antar pada bangsawan. Demikian juga yang akan menimpa sang tokoh yang pada akhirnya harus dibuang dari garis keturunan raja setelah sang putra mahkota ditemukan mati. Sebelumnya, pemain bisa memilih antara membunuh sang putra mahkota atau tidak membunuhnya namun dikhianati oleh dwarf lain.

  • Pembuktian: Sang tokoh memang sudah punya reputasi sebagai pejuang Dwarf yang kuat. Selain itu ia bisa memenangkan Proving dan menjalankan misi di Deep Roads.
  • Duncan: Sang Grey Warden akan menjadi tamu raja Dwarf dan memiliki misi melawan beberapa Darkspawn di salah satu bagian Deep Roads. Di akhir kisah pembuka ini sang tokoh harus mencari Duncan dan kawan-kawan setelah ia menjalani hukuman karena dianggap (atau memang, tergantung pilihan pemain) membunuh kakaknya.
  • Rekan: Gorim, seorang Dwarf yang menjadi orang nomor dua yang sangat setia pada sang tokoh. Pada akhir kisah pembuka Gorim akan diusir ke permukaan, alias keluar dari dunia Dwarf di bawah tanah.

Mage

Baik sebagai Elf maupun Human, kisah Mage akan dimulai dari menara Circle of Magi. Di menara ini para pemilik kemampuan sihir dikumpulkan untuk mempelajari sihir dalam pengawasan ketat para Templar, tentara dari kaum Chantry (semacam kelompok religius di Ferelden).

Sang tokoh akan langsung diceburkan ke sebuah dunia mimpi bernama The Fade untuk membuktikan apakah dirinya bisa menjadi Mage, penguasa sihir, atau dibunuh karena dianggap tidak sanggup menguasai sihir di dalam dirinya.

  • Pembuktian: Lulus dari ujian bernama Harrowing, akan membuktikan kekuatan sang penyihir muda ini. Pembuktian lainnya adalah ketika ia membantu dua sejoli yang sedang dimabuk cinta terlarang antara seorang calon Mage dan seorang calon anggota Chantry.
  • Duncan: Sebagai tamu di Cirle of Magi, Duncan memang sedang berniat merekrut seorang Mage untuk membantunya dalam pertempuran.
  • Rekan: Jowan, seorang calon Mage yang menjalin asmara dengan Lily, seorang calon anggota Chantry.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: